Just another WordPress.com site

Latest

CANIBAL EPIDEMIC (Interview By Fadia Babher)

            Hai… hai.. sudah lama sekali terakhir saya melakukan interview dengan band-band D.I.Y. sepertinya saya kangen ingin melakukannya lagi… dan pilihan saya jatuh pada CANNIBAL EPIDEMIC. Beberapa bulan yang lalu band ini melakukan tour dan tempat tinggal saya Malang jadi salah satu tempat yang disinggahi. Sebenernya yang membuat saya tertarik ingin mengenal band hardcore punk ini adalah mereka tidak hanya menggunakan alat-alat musik standart yang biasa digunakan band-band pada umumnya… tetapi menambahkan unsur etnik dengan memainkan alat-alat musik tradisional.. mau tau lebiihh dalamm…. yuukk cekiiddot 😛😀 J

Kapan dimulai Cannibal Epidemic,dan siapa saja yang terlibat?

Kondisi psikologis yang amsyong usai dikalahkan polisi ketika membuat sebuah gig di tahun 2009, membuat kami waktu itu membutuhkan pelampiasan. Kami melakukan berbagai kegiatan untuk mengalihkan kesal, seperti karaoke, berenang, dan perang di game on line. Tapi ternyata tidak pernah cukup. Bernyanyi di karaoke akhirnya kami sadari hanya menambah pundi kekayaan si penyanyi dangdut yang sudah turun pamor itu. Perang di game on line pun jadi menyebalkan ketika banyak yang menggunakan cheat. Akhirnya kami memutuskan berhenti karaoke dan segera membentuk sebuah kolektif suara, jadilah Cannibal Epidemic.

Cannibal Epidemic  mewartakan wabah kanibal yang terjadi dalam berbagai bentuknya dengan berbagai alasan seperti demi kebahagiaan, supaya hidup sejahtera, penguasaan wilayah, rebutan masa depan yang gemah ripah, rebutan sumber daya alam yang terbatas, perbedaan warna kulit, militer-sipil, ideologi, nasionalisme, minimnya toleransi antar penganut agama, gaya hidup, sampai urusan demi menjaga nama baik keluarga, bahkan urusan remeh seperti supporter klub bola. Hal-hal semacam itu sering menjadi latar belakang terjadinya saling sikat menyikat.   Amboy nian, ternyata dengan nama seperti ini awalnya ada saja yang mengaitkan  dengan cannibal corps yang tentu jauh berbeda dengan kami. Bahagianya kami, karena tidak satupun di antara kami yang mengagumi dan menyukai band itu.

Individu yang terlibat yaitu, Anto yang menarasikan naskah sambil memainkan beberapa alat tiup dan djimbe, Polay pemetik gitar,Sinyo pemain bass dan ikut bersuara di beberapa lagu, lalu ada Karawang yang memeluk drum, berteriak dan beberapa alat kencreng dan tiup.

Aliran kalian apa? apa konsep awal ketika membuat Cannibal Epidemic?

Mmm.. mungkin hardcore punk dengan berbagai hasutan noise rock dan melakukan eksperimen dengan bunyi..hihihi. Konsep awal ketika memulai adalah kami tidak mau memainkan bentuk yang sudah pernah kami mainkan. Konsep itu ternyata kadang menjadi boemerang ketika kami terbebani untuk tidak melakukan pengulangan bentuk. Tapi ya apalah artinya boemerang selain senjata tradisional dari aborigin.

Sampai sekarang alat musik tradisional apa aja yang sudah kalian pakai? apakah kalian membatasi alat tradisional mana yang harus kalian pakai?

Ketika menggunakan alat kami hanya berpikir kepada kegunaan aja, jadi ngga berpikir tradisional atau bukan. Selama bisa menghasilkan bunyi maka akan kami gunakan apapun bentuknya.

Sebenernya pemakaian alat musik tradisional ini bagi kalian punya maksud tertentu ga sih? biar ga membosankan atau untuk tujuan nasionalisme mungkin ?

Pada dasarnya kami menyukai bunyi-bunyian yang dihasilkan oleh setiap benda. Tiap benda akan menghasilkan bunyi yang berbeda-beda. Misalnya suara besi dipukul ke kaleng, air yang ditepuk oleh tangan, gembok ketika dibuka, bambu yang di pukul, suara rantai, dan banyak suara lainnya yang dihasilkan oleh tiap pertemuan dua benda. Nah suara-suara itu yang kami ingat-ingat untuk digunakan suatu saat. Untuk alat, sampai saat ini kami menggunakan alat yang normal-normal saja sebenarnya sih. Nasionalisme? kami ga pernah punya niat buat berpikir tentang itu. Bahkan kami ngga berfikir untuk berwacana mengangkat budaya lokal blablabla dengan menggunakan alat musik tertentu. Itu seringkali menjadi klise sepertinya.

Kalian barusan tour panjang nih ya… ceritain donk kemana aja trus gimana gigs tiap kotanya?

Akhir tahun 2011 kemarin kami melakukan tour pertama yang bertajuk “Kendali Sendiri Tour” di 9 kota. Mulai dari Pekalongan, Surabaya, Porong, Jember, Malang, Kediri, Jogja, Purwokerto, dan kota terakhir Brebes. Menggunakan kereta dari Jakarta kami berempat ditambah  2 orang teman yang sebagai tour guide yaitu Kaler dan Dado. Juga ada Hendrik dengan perniagaannya. Seharusnya ada satu teman lagi yang harusnya ikut, yaitu Padank. Tapi karena misinformasi dia tertinggal di stasiun Jatinegara (karena kereta ternyata tidak berhenti di sana).

Ada banyak hal yang menggairahkan selama tour tentunya. Mungkin hal yang utama adalah kami harus  membiasakan beradaptasi dengan cepat untuk tiap kondisi yang berbeda di tiap kota. Bertemu dengan teman-teman yang belum pernah kami jumpai, dan bermain di gig yang di organise oleh mereka. Itu menjadi hal yang menyenangkan mengingat kami belum pernah berjumpa sebelumnya. Hal yang menggairahkan lainnya adalah ketika mendapat apresiasi dari orang yang belum pernah kami kenal dan belum pernah tau band kami sebelumnya. Hal buruknya mungkin kami kelelahan secara fisik dan psikologis di akhir perjalanan. Dimana situasi seperti itu bisa berkembang menjadi buruk jika tidak diselamatkan oleh makanan enak dan murah atau kemampuan untuk menghibur diri sendiri.

Bagaimana kesan ketika main di Malang?

Ketika tiba di Malang sebenarnya kami sudah dalam tahap mulai kelelahan, jadi sudah mulai simpang siur pikiran.  Tentunya hore bisa main di Malang ya. Kota sejuk, teman yang ramah, band yang berbeda, minuman yang hangat, makanan yang murah dan enak, warnetnya cepet, wc nya bersih, pohon-pohon di pinggir jalan berbaris rapih, markas tentara yang bersih, penjara lowok waru yang terlihat misterius hangat, soto yang enak di belakang UMM, hujan gerimis yang semilir, apel gratisan satu plastik, bakso malang yang renyah mengikat, dan bisa berkenalan dengan nona Fadia tentu menjadi salah satu alasan dari kesan baik selama di Malang (hehehe😛.ed ).

Ke depannya ada rencana tour lagi?

Sepertinya iya..iya kayaknya. Jalan-jalan itu selalu membahagiakan sepertinya.

Kemarin saya sudah dapat CD album cannibal yang covernya warna merah, itu album keberapa kalian?

Ya, itu  EP pertama kami berisi 9 lagu, sebelumnya kami baru mengeluarkan demotape yang kami rilis sendiri juga. Lagu yang ada di EP sebagian besar sama dengan yang demotape hanya ditambah 4 lagu baru. Kami tidak begitu produktif sepertinya.

ketika kalian main lampunya diganti warna merah, itu buat apa? apa biar serem kesannya😀 ?

Walaha! kami ga pernah bermaksud untuk membuat sesuatu aksi seram-seraman sebenarnya. Tapi biar mendekati keadaan dini hari, seperti judul album tentang parade pagi buta. Maka kami membayangkan suasananya seperti itu..gelap merah. Lagipula sepertinya lebih intim ketika bermain dalam suasana gelap-gelap gitu ya. seperti di panti pijat .

Bisa di share lirik kalian bercerita tentang apaan?

Rencana awal kami ingin membuat EP yang punya satu tema. Tapi ternyata karena proses jadinya juga ngga sekaligus jadi ya rencana kami ngga sepenuhnya terjadi. Tapi ada beberapa lagu yang liriknya bisa mewakili tema dari Parade Pagi Buta. Untuk Parade Pagi Buta kami tulis dari peristiwa pembantaian yang terjadi di Indonesia sekitar tahun 65-66. Pembantaian yang dilakukan secara sistematis oleh militer (AD). Buat saya ini merupakan sebuah hal yang ngehe, karena alasan apapun ngga akan pernah masuk akal untuk melakukan pembantaian. Dan ternyata sampai saat ini pun hal-hal seperti itu masih sangat mungkin terjadi.

Sampai kapan kalian bakal produktif?

Sebagai kolektif suara kami ngga tau sampai kapan tetap produktif karena sekarang pun kami tidak terlalu produktif juga.

Bisa ceritakan bagaimana keadaan scene kalian disana sekarang?

Kebetulan kami berasal dari pinggiran Jakarta yaitu di seputaran cibubur (Jakarta timur) jadi kami jauh dari hiruk pikuk tengah kota. Scene kami di cibubur ya orangnya itu-itu aja karena ga ada regenerasi yang membanggakan juga.hehehe..menjadi scene kecil yang luntang-lantung tanpa harus membanggakan ini itu. Lumayan stagnan berjalan begitu saja samp, tapi ternyata sampai sekarang pun  tetap masih ada.

Impian dari CE sendiri yang belum terwujud?

Impian kami yang belum terwujud sekarang ini (2012) adalah mewujudkan mimpi basah kami…karena sampai sekarang belum ada dari kami yang menikah . Jika melihat teman-teman di sekeliling, mereka sudah hampir semuanya menikah dan punya anak. Walaupun bukan keharusan juga tapi sepertinya akan sulit ketika kami menikah kelak di saat teman-teman sudah punya anak banyak. Karena ketika mereka datang ke pernikahan salah satu dari kami tentu mereka akan membawa anak-anak mereka. Dan tentu anak-anak mereka akan banyak makannya karena masih dalam masa pertumbuhan. Bayangkan betapa besar biaya yang harus kami keluarkan untuk sebuah pernikahan kelak demi membuat anak-anak teman kami kenyang. oh tuhan.

untuk kontak : Anto Mamangkey 02193115621

untuk download  EP Parade Pagi Buta  : http://www.mediafire.com/?pwu972ihmxdf14y

interview with fadia babher..

ASSAULT (D’BEAT)

Ini adalah review band dari saya yang kesekian kalinya dan korbannya adalah band asal jakarta yang memiliki nama ASSAULT yang membawakan irama d-beat,
band ini sudah lumayan lama bdrdiri sekitar 3 tahun yang lalu  yaitu tepatnya pada tahun 2008..
Band ini dimotori oleh:D-BIRD:vocal/Y-DICK-guitar/METALIKERS- guitar/R-drum//
Musik band ter influence oleh band2 impor semacam Discharge,Tragedy,Ekkaia,Anti CImex,Disrupt,etc
ASSAULT juga akan segera merekam materinya dan bagi kalian yang penasaran,atau merencanakan sesuatu langsung aja datengin ke alamat nya langsung di:

http://www.myspace.com/assaultcore

https://www.facebook.com/riancur

SCARED FACE (experimental noise grunnge)

dirtsignInilah band grunge yang berasal dari kota malang yang cukup lama berdirinya pada saat itu mereka masih bersekolah dan masih unyu2…hehehehehehehe…dan mereka kemudian bersepakat untuk membuat band grunge sesuai dengan musik kesukaan mereka diawali rio yang mengajak ardik..kemudian mereka berdua mengajak teman mereka yaitu saiful,,dan jadilah fomat band yang dinamai SCARED FACE tak lama setelah itu setahun kemudian arik juga masuk kedalam SF dan merekapun menjadi berempat.
Setelah beberapa tahun SF bejalan akhirnya arik&saiful memutuskan untuk mengundurkan diri di karenakan kesibukannya..dan posisinya di ganntikan oleh radit&inul.Hingga sekarang jadi line up mereka yaitu:RIO:GUITAR VOCAL/ARDIK:DRUM/RADITH:BASS/INUL:GUITAR..
Musik merekapun sangat variatif dalam memainkan musik grunge dengan mengikut sertakan segala axperimen mereka dengan alat musik melalui media yang dinamai grunge lalu mereka akhirnya menamai musik mereka dengan experimental noise grunge.
Mereka banyak terinfluence.oleh band2 import seperti NIRVANA,SOUND GARDEN,PEARL JAM, dan dalam waktu dekat ini mereka merencanakan untuk segera merekam lagu2 mereka dan mengeluarkan album..
Buat kalin yang penasaran dan ingin menanyakan hal lain hubungi aja mereka di:

http://www.facebook.com/groups/193483037335736/?ref=ts

sekian dulu rivew ini sampai ketemu di next review………..lets make noise

Death.Of.Presiden(thrashcore)

Band yang mulai karirnya dalam dunia perthrashcoran dan merupakan salah satu band yang jarang sekali membawakan genre tsb di kota malang…
Mereka terbentuk pada sekitar tahun 2005 dan merekapun sudah banyak menggontaganti personelnya,sampai pada saat ini mereka telah mengkukuhkan personelnya yang valid… Dan saya me riview dari fajar personel D.O.P terlama pada line-up saat ini jadi saya mereviewneya mulai fajar hadir dalam D.O.P.
Okelah kita mulai saja reviewnya.Padasaat itu D.O.P masih dengan line up fajar:voc/yoyok:gitar/riche:drum,akan mengadakan tour kebandung bersama HANTAMxRATA (kediri)dan dari situ lah fajar mulai menjadi voc di DOP lalu setelah itu mereka merekrut Vino sbg basis dan mereka dengan line up 4 org,setelah itu mereka sempat vakum dalam waktu yang lumayan lama dan kemudian vino mengajak fjar untuk menghidupkan DOP namun saat itu yoyok tidak bisa ikut bergabung dengan DOP dan posisi yoyok pada akhirnya di gantikan oleh vino, sbg gitaris,dan rice tetap pada drum,line up itu juga bertahan tidak lama,setelah itu rice mengundurkan diri karena beberapa hal dan posisi rice di gantikan oleh fery dari drumer certainty,kemudian mereka juga merekrut wiro sebagai basis DOP nah line up ini bertahan hingga sekarang
FAJAR:VOCAL/VINO:GITAR/WIRO:BASS/FERY:DRUM

D.O.P juga telah banyak mengeluarkan rilisan dari sejak mereka berdiri:
Mokondo Terror – Ep
Thrash Non Profit – 4 Way Split Indonesia – Brazil feat DOP/Non Antagonis/ Violent Illusion/Bandana Revenge
Today Is The Day Comp #2
Thrash So Hard Comp#1
Split With JalanXsehala (Malaysia)
Too Fast to Live Too Thrash to Die EP
Yesterday is Gone Today I Hold On Comp
Demo 2011
A 6 Screwed Up Years – A Mini Discography 2005-2011

mereka juga bernaung dalam beberapa DIY label yaitu:
Tarung records, Ckpyg Recs (Bdg), Knochentapes (Jerman),Riotousoutburst Recs (amerika)

Jika teman2 mau menanyakan lebih dalam &mendengarkan lagu dariDOP langsung aja hub mereka di :

http://www.facebook.com/pages/DEATH-OF-PRESIDENT/119371578092240

http://www.reverbnation.com/deathofpresident

deathofpresident@rocketmail.com

Cukup sekain dari saya apabila ada salah2 kata mohon dimaklumi nama juga baru belajar heheheheheheehehe…………

KELEWATXBATAS(trashxgrind)

KELEWAT BATAS band trash asal Jakarta yang sudah ada sejak tahun 2005..
mereka pada saat berdirinya di perkuat oleh 4 orang yaitu:
Babang:drum/Edy:gitar/Sigit:vocal/Arul:bass
lalu beberapa tahun kemudian edy sang gitaris mengundurkan diri,dan KBpun melakukan perombakan posisi yaitu arul yang dulunya pada bass kemudian menggantikan edy untuk bermain gitar.Dan jadinya li-up mereka saat ini menjadi(SIGIT-VOCAL/ARUL-GITAR/BABANG-DRUM.
Menurut mereka setelah pergantian itu musik mereka pun mulai mulai mengalami pendewasan dalam bermusik trash,dan mereka memaparkan bahwa mereka lebih terinspirasi oleh oleh band trash cepat yang pokoknya cepat,dan mereka selalu ber experimen dan menambahkan semua unsur musik khususnya crusty,raw,& grind..
KB juga telah beberapa kali mengikuti  kompilasi tapi sayang Arul udah lupa apa aja hehehehehe…..namanya jg manusia..dan mereka juga memiliki label rekaman bernama COPRATCAPRET RECOD yang juga mereka kelola sendiri.
ciri khas arul mengatakan bahwa mereka memiliki ciri selalu memakai topeng dan  dia mngatakan karena adalah para lelaki pemalu,kecuali vokalis mereka sigit karena ingin selalu terlihat tampan……… hehehehe
dalam waktu dekat ini mereka merencanakan akan segera merilis split band mereka dengan KING COBRA dari bekasi jadi kita doain aja biar cepet keluar…
Scene mereka berada di SCRAEM DESTROY tepatnya di daerah stasiun krl pondok jati,Mereka menambahkan bahwa scene adalah tempat untuk bertukar informasi n menambah pengetahuan tettang sebuah komunitas khususnya hxc punk..n untuk menambah silaturahcore sesama teman…heheheheheheheheheheheh…­
jika teman2 ada yang ingin menanyakan sesuatu yang lebih detail dari KELEWATXBATAS langsung aja datengin mereka di:

­http://www.facebook.com/profile.php?id=100001950192477
http://www.facebook.com/profile.php?id=1810815067

Dan pada akhirnya saya ingin mengakhiri review dengan kata ‘terimakasih telah menyempatkan diri untuk mampir di sini’ terimakasih

JENDRAL GONDRONG (hardcore)

JENDRAL GONDRONG adalah band yang mengusung HCspirit dalam musiknya mereka terbentuk
pada tahun 2008 ini pada saat pertama munculnya membawakan oldschooll hardcore dengan beat hc nya yang sangat khas dibawakan oleh JG,pada saat pertama keluar pada tahun 2008 JG
Dan masih juga di awaki oleh lima personel yaitu:  gatoo:voc,/dasuki:gitar/,chacha:guitar,otonk:bass/ras:drum
pada saat itu musik mereka masih trpengaruh oleh band2 seperti under18,jadi masih kental unsur oldscholl nya.Lalu pada tahun 2009 sang vocalis memutuskan untuk mengundurkan diri dari JG, lalu mereka memutuskan untuk merotasi personel JG  yang bertahan hingga sekarang tanpa menambah personel menjadi empat orang yaitu:DASUKI(VOCAL)/CACA(GUITAR)/OTONK(BASS)/RAS(DRUM),semenjak saat itu musik merekapun mengalami perubahan karena mulai terpengruh oleh band2 semacam death threat,sick of it all,maka musik merekapun berubah menjadi lebih mantabzz…
Dalam waktu dekat ini mereka lagi mempersiapkan untuk merekam materi mereka  untuk bahan EP mereka yang pertama.
Soooo…….klo kalian mau mangetahui lebih detail langsung saja datang dan kujungi ke alamat mereka di:

http://www.facebook.com/pages/JENDGOND-HARDCORE/227937567236014?sk=info

hehehehehe….seperti biasa saya ingin mengucapkan”SEKIAN DULU REVIEW SINGKAT INI”sampai bertemu di review selanjutnya…..

STAND IN (hard core)

Stand in …band hard core asal Malang yang cukup lumayan lama 4 tahun sejak tahun berdirinya yaitu tepatnya sekitar tahun 2007.Mereka juga mengalami beberapa kali gonta ganti personel pada awal berdirinya mereka lebih condong ke arah hc old school namun seiring berjalannya waktu dan berganti beberapa personel akhirnya pada tahun 2009 musik mereka mulai mengalami perubahan pada beat2nya musik menjadi lebih berat dan lebih mantabs pada soundnya dan lebih banyak beat break down nya..personel STAND IN saat ini:BRIAN:VOCAL,EMILLE:GUITAR , GONDEH:BASS,SINYO:GUITAR, BILLI:DRUMS
Band ini lebih banyak ter influence oleh band import semacam STRENGTH REASON, TERROR, SWORN ENEMY, MERAUDER,HATEBREED,etc
Mereka merencanakan dalam waktu dekat ini akan segera meluncurkan EP mereka dan ketika waktu saya tanya tentang judul EP nya mereka menjawab RAHASIA…..
Jadi penasaran kita tunggu aja EP nya ,bagi teman-teman lain yang mau menanyakan atau membikin janji kencan silakan hubungi:

http://www.facebook.com/pages/STAND-IN-MalangOfficialpage/279393378745208

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.